NASA Kehilangan Koleksi Batu dari Bulan

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kehilangan 500 batu dari Bulan yang selama ini menjadi koleksi. Bukan hanya batu, tapi juga meteorit, pecahan komet, dan benda-benda luar angkasa lain yang hilang atau diambil orang sejak tahun 1970. 
Jumlah ini termasuk 218 sampel dari Bulan yang sempat dicuri dan dikembalikan. Serta sekitar dua lusin batu dari Bulan dan pecahannya yang dilaporkan juga hilang tahun lalu, demikian dilansir Agen Inspeksi Umum NASA, Kamis (8/12). 
Kehilangan ini disebabkan beberapa faktor, di antaranya kelalaian dan kurangnya kontrol dalam kepemilikan. Saat ini , NASA sudah meminjamkan 26 ribu sampel dari Bulan yang dibagikan pada pihak peneliti dan beberapa museum. Namun, proses pengembaliannya selalu terkendala kelalaian antar petugasnya.
Sebagai contoh saat NASA meminjamkan sampel dari Bulan pada Observatorium Astronomi Delaware. Para peneliti di Delaware mengklaim sudah mengembalikan contoh tersebut, namun belum kembali ke tangan NASA. Sesudah insiden ini, NASA melakukan audit pada koleksi luar angkasanya.
Di luar kasus tersebut, ternyata diketahui pula 19 persen dari peminjaman pada kaum peneliti juga berakhir dengan hilangnya sampel karena kelalaian si peminjam. Sebab ada peneliti 'nakal' yang menghancurkan sampel atau meminjamkan batu-batu tersebut.
Contoh yang hilang atau dihancurkan termasuk 22 meteorit dan 2 meteor yang didapat dari misi yang dilakukan dengan susah payah. Bahkan ada dua kasus di mana si peneliti masih memiliki sembilan batu Bulan yang didapatnya sejak 35 tahun lalu dan 10 pecahan meteor sejak 14 tahun lalu.
Meski demikian, ini tidak membuat NASA kapok dalam meminjamkan asetnya kepada pihak lain. Hanya saja kali ini mereka akan memiliki rekomendasi yang lebih spesifik agar sampel yang dipinjamkan mudah dilacak." NASA tidak menganggap harta karun nasional ini dalam kondisi resiko tinggi," kata juru bicara NASA,  Michael

0 comments:

Posting Komentar